Begini Cara Agar Gak Kehilangan Kontak Setiap Ganti Smartphone

Saya sudah dimintai tolong berulang-ulang oleh beberapa rekan untuk memindahkan isi kontak dari Smartphone lamanya ke yang baru.

Ada sebuah kesamaan ketika mereka melakukan pergantian Smartphone : pusing pindahkan kontak di HP lama. Saya sebenarnya juga turut merasakan yang sama saat mengganti Handphone, tetapi itu dulu sebelum ada Smartphone.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa kita bisa memanfaatkan Cloud untuk memindahkan kontak dari perangkat lama ke yang baru. Kontak pada era sebelum smartphone biasanya bisa ekspor dengan file VCF. Lalu ketika ganti HP, maka kamu harus mengimpor VCF itu di HP yang baru.

Dengan cloud, kamu tidak perlu memakai cara yang lama. Betapa ribetnya kamu harus mengekspor kontak dari HP lama ke format VCF lalu memindahkannya ke perangkat baru dan import lagi. Kamu cukup melakukan semuanya di cloud.

Pada post ini saya akan memberikan tips-tips untuk menjaga kontak di HP kamu, terutama setelah beralih ke Smartphone agar nantinya jika ganti-ganti Smartphone tidak usah memusingkan kehilangan kontak.

Langkah 1: Ekspor VCF dan Unggah ke Cloud

Bagian pertama adalah Ekspor VCF nya, terutama untuk Handphone Lama atau Smartphone yang selama ini kontaknya belum disingkronkan ke Cloud.

Ekspor semua kontak yang ada di Handphone/Smartphone dan SIM, biasanya di Handphone biasa tinggal buka Contact – Setting – Export to VCF (sesuaikan masing-masing Handphone). Untuk Smartphone, silahkan Download aplikasi ekspor VCF yang banyak bertebaran di Google Play.

Setelah dapet file VCFnya, kamu tidak harus memasukkan file tersebut ke Smartphone baru. Simpan dulu file VCF tersebut di storage seperti USB Drive atau Harddisk External.

Kalau Smartphone kamu Android, buka Gmailmu dan klik Contact (lihat gambar bawah).

Artikel lainnya :   Panduan Adwords #1 : Hey pebisnis online, kenali jalan singkat tanpa SEO

Gimana kalau belum punya Gmail? tolong dibuat karena apa poinnya kamu pakai Smartphone Android tapi enggak punya akun Google (sigh)

Setelah itu pilih Import – CSV or VCard File, lalu pilih Go to Old Version. Kalau bingung coba aja ikuti gambar di bawah ini deh.

Setelah itu klik More – Import , lalu pilih deh file VCF dari Handphone lama kamu.

Beberapa saat kemudian akan dilakukan Import, akan sedikit lama jika kontaknya mencapai ratusan tetapi pasti akan terimport semuanya.

contoh kontak yang sudah terimport

Pada tahap ini kamu sudah aman banget karena udah tinggal singkronkan saja di Smartphone baik Android atau Apple.

Khusus untuk pengguna iPhone

Ceritanya mau beralih ke iPhone, maka kamu harus punya iCloud. Saya tidak akan membahas cara membuatnya, silahkan buka iCloud dan pilih bagian Contact.

Setelahnya kamu klik Setting (Logo gear) lalu Import.

Langkah 2: Berikutnya Singkronkan di Smartphone

Defaultnya, Smartphone ketika pertama kali dipakai akan meminta untuk disingkronkan dengan Gmail untuk yang berbasis Android dan iCloud bagi yang berbasis Apple.

Silahkan masukkan alamat Gmail yang dipakai untuk mengimport kontak VCF tadi. Untuk Apple, repot kalau kamu gak langsung masuk ke akun iCloudnya karena part ini tidak bisa diabaikan (berbeda dengan Android yang bisa diskip)

Cara berikutnya adalah buka setting Akun Google dan pastikan bahwa kontaknya juga ikut disingkronisasi. Saya tidak begitu tahu tampilan di Smartphone lain, tetapi kira-kira begini tampilannya (saya memakai Galaxy Tab A 8 Inch). Coba cek di Settings – Accounts – Google, lalu pilih akun yang dipakai singkronisasi kontak.

Sync Contacts dalam keadaan ON

Untuk Pengguna iPhone yang ingin singkronisasi memakai Gmail, biasanya setting nya ada di Settings – Contacts – Accounts. Pastikan juga kontak dari Google tersingkronisasi.

kontak iCloud dan Gmail tersingkronisasi

Langkah 3 : Ingat ini saat menambahkan kontak baru

Kontak sudah singkron, selesai? belum, bagi kamu yang memakai Android harus ingat bahwa setiap simpan kontak baru jangan pernah menyimpannya lagi di Smartphone nya tetapi ingat simpan di Google.

Artikel lainnya :   Saya Pindah Dari Windows Ke Mac, Begini Perbedaannya Gan..

Untuk pengguna iPhone lebih gampang, seperti yang saya berikan gambarnya tadi silahkan pilih Default Account nya Google jika ingin memasukkan setiap kontak baru ke Google. Tetapi tanpa menambahkan akun Google pun sebenarnya kontak sudah otomatis disingkronkan ke iCloud.

Oke, sekarang kamu sudah bisa memanfaatkan Cloud dengan baik untuk kontak, dan Smartphone akhirnya beneran jadi Smart kan? sekarang setiap ganti perangkat mobile baru, kalau kamu sudah import VCFnya di 2 Cloud tadi maka gak ada lagi yang namanya pusing mindahin kontak.

Leave a Reply