Gampang Embed Video di WordPress, Begini Caranya..

Sekarang lagi jaman bikin video di Youtube dan Vlogging bahkan menjadi trend anak muda sekarang. So, jika kamu adalah salah satu yang senang bikin video dan berniat menaruhnya di Blog WordPress, maka informasi ini akan sangat berguna.

Berikut ini adalah tutorialnya berupa video, tetapi jika kamu ingin membaca saja, lanjutkan saja ke bagian berikutnya..

WordPress memiliki sebuah fitur yang sangat canggih dalam menaruh sebuah video ke dalam post. Fitur tersebut bernama Autoembed, dimana kamu bisa menaruh video dengan sangat mudah dari website video hosting seperti Youtube, Vimeo, dll (Vimeo diblokir ya di Indonesia, kasian 😀 )

Yang harus kamu lakukan hanya copy paste URL nya ke post, dan pastikan URL tadi tidak mengandung Hyperlink (kalau diklik tidak membuka halaman lain).

Kalo kamu berada di Tab “Visual Editor”, link tadi langsung dijadikan Video oleh WordPress. Kalo belum yakin, kamu bisa klik Preview untuk melihat apakah Video sudah ditampilkan dengan baik.

begini hasilnya embed video Youtube

Kerennya, ada banyak list website yang didukung autoembed oleh WordPress. Untuk website di luar list ini kamu harus mengcopy paste embed scriptnya :

  • Animoto
  • Blip
  • Cloudup
  • CollegeHumor
  • DailyMotion
  • Facebook
  • Flickr
  • FunnyOrDie.com
  • Hulu
  • Imgur
  • Instagram
  • Issuu
  • Kickstarter
  • Meetup.com
  • Mixcloud
  • Photobucket
  • PollDaddy
  • Reddit
  • ReverbNation
  • Scribd
  • SlideShare
  • SmugMug
  • SoundCloud
  • Speaker Deck
  • Spotify
  • TED
  • Tumblr
  • Twitter
  • VideoPress
  • Vimeo
  • Vine
  • WordPress plugin directory
  • WordPress.tv
  • YouTube

Memangnya gak bisa ya upload Video ke WordPress?

Bisa aja kok, cuman ukurannya itu lho gede banget jadi saya tidak rekomendasikan. Kadang hosting yang kamu beli itu gak terlalu besar space nya, jadi kalo nampung Video ya pasti besar banget. Selain jika videomu banyak dikunjungi akan membebani server.

Kamu juga akan kehilangan pengunjung dari Youtube atau Vimeo kan?

Btw, blogstuff punya Channel Youtube sendiri yang membahas blogging dari A sampai Z. Subscribe dengan klik LINK INI.

Oh ya, ini juga soundcloud yang saya tampilkan dengan cara copy paste linknya di post. Sekalian kalau mau mendengar tentang kenapa Blogging sama dengan jualan es krim.

Credit to : WPBegginer 

Pin It on Pinterest

Shares
Share This