1. Filosofi Blogging

Postingan ini akan membuat pengandaian membuat blog dengan berbisnis es krim

2. Panduan Domain

Mengerti apa itu domain dan bagaimana mengkoneksikan dengan hosting.

4. Setting Pasca Instalasi

Apa saja yang harus diatur setelah WordPress selesai diinstall?

Panduan WordPress 1 : Filosofi Blogging Seperti Jualan Es Krim?

Apa aja sih ngeblog? nice question!

Pada panduan pertama ini, saya ingin menjelaskan filosofi ngeblog dan bagaimana bisa menghasilkan uangnya.

Tulisannya gampang dicerna kok, saya jelaskan dari dasar karena ini adalah pondasi berpikir dalam pembuatan sebuah blog. Jika pondasinya kuat, apapun masalah yang ditemui lebih gampang.

Here we go…

Singkatnya, blog adalah salah satu tipe website yang terdiri dari post dan disusun berdasarkan tanggal terbit artikelnya.

Banyak orang yang merasa gagal paham terhadap istilah-istilah di dunia blogging seperti domain, hosting, platform blogging, WordPress?

Post ini bisa saya sebut filosofi blogging, enggak sama sekali menyinggung teknis. Agar sederhana, mari kita samakan ngeblog ini dengan memulai bisnis es krim.

Saya mendapatkan pengandaian ini dari blogger Amy Lynn, dan saya sengaja terjemahkan karena perbandingan ini akan membuat pemahaman kamu jauh lebih baik 😀 

Yuk Mulai Bisnis Es Krim

Mari bayangkan kamu ingin memulai bisnis es krim karena di daerah kamu panasnya minta ampun, jadi ini adalah ceruk pasar yang bagus, hmmmm. Sebelum memulai, kamu harus memerlukan hal ini :

#1 Lokasi, jelas sebelum kamu membuka toko es krim maka harus cari lokasinya kan? lokasi ini yang nanti kamu berikan ke pelanggan agar mereka bisa datang ke toko. Selain itu lokasinya juga harus ramai orang lewat plus mudah ditemukan.

#2 Landlord atau yang punya tanah, kamu pengen beli tanah sendiri dan bangun toko di atasnya? itu akan sangat lama. Mending kita cari orang yang menyewakan tempat/landlord dengan sebuah space agar kita bisa membangun toko di sana.

#3 Toko, jadi sekarang kita udah ketemu lokasi dan tempat untuk berjualan, tentu kita butuh menata tokonya agar jadi sebuah tempat berjualan.

#4 Produk, toko tanpa sesuatu yang dijual kan aneh ya? maka dari itu kamu memutuskan berjualan es krim biar orang banyak adem dari suasana panas, hehehe.

#5 Mesin pembuat Es Krim, kamu gak mau membuat es krim dengan manual banget, capek lah kalo model begitu. Mending cari alat pembuat es krim yang efisien dan canggih agar jualan kamu semakin joss.

#6 Bahan, kamu juga perlu bahan-bahan untuk membuat es krim guna dimasukkan ke mesin es krim lalu akan menjadi es krim paling enak di komplek.

Pelanggan ternyata suka sama es krimnya, katanya maknyus dan bikin seger. Mereka datang lagi dan lagi lalu kamu jadi jutawan karena jualan es krim.

Hebat kan? hebat dong..

Sekarang kita bicara tentang blogging..

COBA BACA INI :  Cara Mengecek Halaman Tujuan Shortlink Agar Browsing-mu Aman

Yuk Mulai Blogging

Kamu memutuskan untuk memulai bisnis digital dan akan membuat sebuah website. Sebelum memulai, kita perlu hal ini :

#1 Lokasi, kamu harus punya alamat untuk website yang akan dibuat. Alamat ini yang akan kamu berikan pada orang-orang agar situsnya dikunjungi. Hal inilah yang dinamakan “domain” di dunia blogging. Domain yang gampang diingat sangat berpengaruh pada traffic (ex : blogstuff.co)

#2 Landlord, jadi kita sudah punya domain tetapi belum punya space nih di internet untuk menaruh website kita. Landlord di internet dinamakan “host” dan kita menyewa hosting dari mereka (ex : rumahweb.comhawkhost.com. 

#3 Toko, domain sudah punya, hosting sudah ketemu, lalu bagaimana membuat websitenya? jika toko es krim dibangun dari bata, genteng, dll, maka website dibangun dari file-file. Kamu mendekorasi toko es krim kamu, di website kita menyebutnya mendesain tampilan.

#4 Produk, website tidak isi apa-apa ya gak ada gunanya, maka dari itu kamu memilih membuat blog. Blog adalah salah satu jenis website.

#5 Mesin pembuat blog, kamu gak akan membuat sebuah blog dengan manual karena hal itu memerlukan waktu yang lama selain juga pemahaman yang mendalam. Kalo kamu nekat, bisa-bisa blog kamu jadinya bertahun-tahun lamanya atau bahkan gak akan selesai. Maka dari itu kamu harus memilih dari blogging platform yang sudah ada, dan saya sangat merekomendasikan WordPress. Percaya deh, gak ada yang lebih baik dari WordPress.

#6 Bahan, sekarang kamu butuh bahan blognya. Konten blog adalah tulisan, gambar, atau video hasil dari ide kamu yang brilian. Masukkan bahan tadi ke WordPress, lalu jadilah nanti blog terjoss sedunia.

Pembaca kita suka dengan artikel yang kamu buat di blog, mereka datang terus dan terus sehingga kamu punya pembaca loyal dan akhirnya kamu jadi jutawan karena blog..

Silahkan dengarkan versi audionya di bawah ini (jika kamu malas membaca satu-satu)

Gimana? gampang kan dimengerti?

Istilah teknis memang kadang membuat kamu udah males duluan untuk mempelajarinya.

Tetapi dengan memahami hal basic, kamu pasti bisa menyelesaikan semua hal yang berhubungan dengan blog di masa yang akan datang

1. Filosofi Blogging

Postingan ini akan membuat pengandaian membuat blog dengan berbisnis es krim

2. Panduan Domain

Mengerti apa itu domain dan bagaimana mengkoneksikan dengan hosting.

4. Setting Pasca Instalasi

Apa saja yang harus diatur setelah WordPress selesai diinstall?

Mau ebook GRATIS? yuk SUBSCRIBE!

Dapatkan ebook gratis "Cara Memulai Belajar Wordpress dan SEO" dengan subscribe situs blogstuff. Saya tidak akan mengirimkan spam tetapi hanya info-info berkualitas tentang tutorial teknologi. 

 

Terima Kasih! eBook telah dikirimkan ke email anda!

Pin It on Pinterest

Shares
Share This